Sabtu, 19 September 2015

EFEK SAMPING METFORMIN: HEPATOTOKSITAS YANG DIINDUKSI METFORMIN



EFEK SAMPING METFORMIN:
HEPATOTOKSITAS YANG DIINDUKSI METFORMIN

Metformin adalah biguanida untuk pengobatan diabetes mellitus tipe 2. Karena metformin memiliki spektrum pengngunaan yang luas, sehinga kemungkinan terjadi efek beracun. Dalam penelitian ini, terjadi kasus baru asidosis metabolik dan gagal hati setelah memulai terapi metformin. Laporan kasus ini bertujuan untuk menekankan bahwa peningkatan frekuensi pemakaian metformin berpotensi meningkatkan efek toksik metformin.
Metformin adalah derivate-dimetil dan biguanida ini terutama digunakan pada pasien (sangat) gemuk, karena berdaya menekan nafsu makan. Metformin menghambat gluconeogenisis dan pelepasan glukosaoleh hati dan menurunkan kolesterol LDL dan trigliserida.
Gambar 1. Struktur kimia metformin
Indikasi dari metformin adalah untuk diabetes tipe 2 dan penderita yang sudah overweight yang kadar gula darahnya tidak dapat terkontrol hanya dengan diet saja, sebagai monoterapi atau kombinasi dengan sulfonylurea, tambahan terapi pada pasien diabetes mellitus tipe 1.
Efek samping dari metformin adalah agak sering terjadi dan berupa gangguan lambung-usus, antara lam anorexia, terutama pada dosis diatas 1,5 g/hari. Jarang sekali terjadi acidosis asam laktat yang mengancam jiwa, terutama pada manula. Maka pasien diatas 60 tahun hendaknya jangan diberikan metformin sebagai terapi permulaan. Rasa-logam di mulut adakalanya dialami, risiko hipoglikemia sangat kecil .
Dosis dari metformin adalah 3 kali sehari 500 mg atau 2 kali sehari 850 mg pada waktu makan. Bila perlu setelah 1-2 minggu perlahan-lahan dinaikkan sampai maksimal 3 kali sehari 1 g.

Laporan Kasus
Seorang pria 52 tahun dirujuk ke gawat darurat dengan riwayat 10-hari kelemahan, penurunan kapasitas aktivitas, dan demam. Sehari sebelum berkunjung ke rumah sakit, pasien mengalami mual dan muntah. Diabetes mellitus dan hipertensi didiagnosis dua minggu sebelumnya; diterapi dengan metformin (850 mg, sekali sehari), verapamil (240 mg, sekali sehari), dan asam asetilsalisilat (100 mg, sekali sehari). Tes fungsi serum ginjal berada dalam batas normal pada tahap ini.
Saat masuk rumah sakit, pasien memiliki tekanan darah 124/61 mmHg, nadi 89 kali per menit, frekuensi pernapasan 32 napas per menit, dan suhu tubuh 36,2°C. Tidak ada temuan yang signifikan dalam pemeriksaan fisik. Tes darah awal mengungkapkan nitrogen urea darah (BUN) 114 mg / dl, kreatinin 2,84 mg / dl, natrium 132 mEq / L, kalium 6.15 mEq / L, klorida 94 mEq / L, glukosa 114 mg / dl, aminotransferase aspartat 1843 IU / L, SGPT 1469 IU / L, bilirubin total 2,76 mg / dl, bilirubin langsung 1,43 mg / dl, dan laktat darah 13,3 mmol / L. Tingkat salisilat darah berada dalam kisaran terapeutik. Hitung darah lengkap mengungkapkan leukositosis (sel darah putih 39.000 uL), hematokrit dan trombosit normal. Gas darah arteri menunjukkan asidosis metabolik dengan gap anion yang lebar (pH 7.24, HCO3 8,4 mmol / L, defisit basa 16,3 mmol / L, anion gap 29,4). 
Enam puluh mEq natrium bikarbonat dan insulin reguler dengan 5% dextrose diberikan untuk sidosis dan hiperkalemia. Asidosis metabolik dan hiperkalemia ditingkatkan dengan pengobatan awal dan 3.000 cc administrasi saline intravena. Pasien dirawat di unit perawatan intensif dengan diagnosis hepatotoksisitas yang diinduksi metformin.

PEMBAHASAN
Metformin adalah zat antihiperglikemik oral golongan biguanid untuk penderita diabetes militus tanpa ketergantungan terhadap insulin. Mekanisme kerja metformin yang tepat tidak jelas, walaupun demikian metformin dapat memperbaiki sensitivitas hepatik dan periferal terhadap insulin tanpa menstimulasi sekresi insulin serta menurunkan absorpsi glukosa dari saluran lambung-usus. Metformin hanya mengurangi kadar glukosa darah dalam keadaan hiperglikemia serta tidak menyebabkan hipoglikemia bila diberikan sebagai obat tunggal. Metformin tidak menyebabkan pertambahan berat badan bahkan cendrung dapat menyebabkan kehilangan berat badan.
Obat ini dapat dikonsumsi sendiri atau dikombinasikan dengan obat antidiabetes lain. Menjaga keseimbangan takaran metformin dengan makanan yang dikonsumsi serta olahraga yang dilakukan sangat penting untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Obat ini menurunkan kadar gula darah yang tinggi dengan cara membuat tubuh lebih responsif terhadap insulin. Insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula di dalam tubuh. Metformin adalah obat yang sering dianjurkan sebagai langkah penanganan pertama bagi pengidap diabetes tipe 2. Pastikan Anda mengonsumsi metformin sesuai dengan anjuran dokter. Baca informasi yang tertera pada kemasannya sebelum mulai mengonsumsi obat ini. Jika ragu, hubungi dokter. Metformin dianjurkan untuk dikonsumsi saat makan atau segera sesudah makan. Menjaga pola makan yang seimbang dan berolahraga secara teratur akan membantu memaksimalisasi efek metformin. Selama menggunakan obat ini, hindari minuman keras karena dapat memengaruhi kadar gula darah dan meningkatkan risiko asidosis laktat (penumpukan asam laktat dalam tubuh). Jika Anda mengonsumsi metformin dalam bentuk bubuk, minumlah dengan sekitar 150 ml air putih. Jika Anda mengonsumsi bentuk tabletnya, telan secara utuh dan jangan menghancurkan atau mengunyah tablet metformin. Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Usahakan untuk mengonsumsi metformin pada jam yang sama tiap hari untuk memaksimalisasi efeknya. Pemeriksaan secara rutin sebaiknya dilakukan untuk memantau kadar gula darah serta kesehatan kaki dan mata. Mengenali gejala-gejala hipoglikemia (kadar gula darah yang terlalu rendah) serta hiperglikemia (kadar gula darah yang terlalu tinggi) juga sangat penting sebagai langkah antisipasi bagi penderita diabetes.
Bagi pasien yang lupa mengonsumsi metformin, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis metformin pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.
Metformin adalah biguanida umum digunakan pada diabetes tipe 2 dan dianggap sebagai obat yang aman dengan efek samping yang minimal. Efek antihiperglikemik metformin disebabkan oleh penurunan produksi glukosa hepatik, penurunan penyerapan glukosa usus, peningkatan sensitivitas insulin dan ketinggian di penyerapan glukosa perifer dan pemanfaatan. Hasil Studi Diabetes menunjukkan bahwa pengobatan metformin dikaitkan dengan penurunan mortalitas total dibandingkan dengan perawatan anti-hiperglikemia lain dan pengobatan yang dianjurkan untuk jenis kelebihan berat badan  pasien diabetes 2. Metformin dianggap sebagai agen profilaksis untuk mencegah atau menunda perkembangan diabetes pada pasien dengan gangguan toleransi glukosa.
Selanjutnya, wanita dengan sindrom ovarium polikistik semakin sering diobati dengan metformin untuk tujuan mengurangi gejala hiperandrogenisme dan mempromosikan kesuburan. Asidosis laktat merupakan efek samping metformin yang jarang namun cukup banyak terjadi. Kejadian asidosis metabolik akibat metformin diperkirakan adalah 0,03 per 1.000 pasien-tahun (sekitar 50%) dengan angka kematian yang tinggi (4,5). Asidosis metabolik akibat metformin terjadi pada pasien yang mengalami kontraindikasi dengan obat, seperti disfungsi ginjal, penyakit hati, alkoholisme, dan penyakit cardiopulmonary. Presentasi klinis Kejadian asidosis metabolik akibat metformin adalah mual, muntah, anoreksia, nyeri epigastrium, diare berair, mengantuk, lesu, hiperpnea dan haus. Hipotensi, hipotermia, infark miokard, disritmia jantung termasuk fibrilasi ventrikel, asistol, dan bradikardia, dan kegagalan pernafasan juga telah dilaporkan. Hepatotoksisitas terkait metformin sangat jarang tetapi beberapa kasus telah dilaporkan dalam literatur. Pasien-pasien ini mengalami mual, muntah, kelemahan, penyakit kuning dengan peningkatan transaminase serum hati dan kolestasis intrahepatik setelah memulai terapi metformin.
Kasus dalam penelitian ini menunjukkan temuan klinis dan laboratorium tentang kejadian asidosis metabolik akibat metformin dan hepatotoksisitas yang diiinduksi metformin. Hal ini sangat mungkin bahwa asidosis metabolik akibat metformin dan hepatotoksisitas memberikan kontribusi terhadap penurunan kondisi klinis pasien. Dalam penelitian kami, tingkat metformin tidak dapat diukur, tetapi penyebab potensial lain adalah jauhnya rentang anion pada asidosis metabolik untuk pasien kami karena gejala onset akut dialami segera setelah inisiasi metformin. Overdosis asam asetilsalisilat mungkin menyebabkan lebar gap anion asidosis metabolik, tetapi tingkat salisilat darah ditemukan dalam jangkauan terapi pada pasien kami. Meskipun mekanisme yang menyebabkan kejadian asidosis metabolik akibat metformin tidak jelas, kami percaya bahwa hepatotoksisitas dipicu karena adanya kejadian asidosis metabolik akibat metformin.
 Kesimpulannya, dimasa depan kemungkinan akan terjad lebih banyak Kejadian asidosis metabolik akibat metformin dan hepatotoksisitas yang diinduksi metformin karena karena peningkatan resep metformin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar